10 Film Paling Mencuri Perhatian Sepanjang 2017

Spiderman Home Coming/MOVIEWEB.COM
Musim panas tahun 2017 ini menjadi musim panas yang suram bagi Hollywood. Hal ini karena tingkat penjualan tiket film-film yang beredar selama 207, menjadi paling sedikit terjual sejak 2006, bahkan yang terburuk dalam 16 tahun terakhir.
Dilansir USA Today, penjualan tiket film tahun ini secara keseluruhan menurut 12 persen dibandingkan musim panas sebelumnya. Sejumlah tokoh industri bahkan berspekulasi bahwa penurunan penjualan tiket film musim panas bisa mencapai 15 persen. Perkiraan jumlah tersebut akan menjadikannya penurunan terburuk dalam sejarah modern.
Namun kabar tersebut tidak semuanya buruk. 10 film ini justru berhasil bertahan, dan sukses menaklukkan perhatian penonton. Setidaknya hal ini terlihat dari pendapatan penjualan tiket yang diraih para produsen, seperti dilansir USA Today:

1. Wonder Woman (406,2 juta dolar AS atau Rp 5,2 triliun)

Ketika sebuah film superhero menyuarakan sebuah gerakan sosial, maka dengan sukses film tersebut mampu menyedot perhatian penonton. Seperti diketahui, Wonder Woman kental dengan pesan feminisme. Dengan fenomena Perang Dunia I sebagai latar belakang film, Sutradara Patty Jenkins memperlakukan sang karakter utama dengan penuh rasa hormat. Gal Gadot sang pemeran Wonder Woman juga berhasil mengokohkan dirinya sebagai ikon buku komik.
Sebagai film live-action wanita pertama, Wonder Woman ditargetkan untuk meraup keuntungan Rp 5 triliun di dalam negeri, dan Rp 10,4 triliun di seluruh dunia. Namun, hanya dalam empat hari ditayangkan di seluruh dunia, film yang dibintangi Gal Gadot tersebut langsung mengantongi keuntungan sebesar Rp 3,24 triliun, dan menjadi rekor tersendiri bagi film yang mengeluarkan biaya produksi Rp 1,9 trliun tersebut.

2. Guardians of the Galaxy Vol.2 (389,3 juta dolar AS atau Rp 5 triliun)

Komik Marvel membuktikan bahwa mereka memang ajaib untuk kedua kalinya. Kurt Russell memainkan planet yang hidup, aktor karakter Michael Rooker mencuri pertunjukan, serta raccoon yang berbicara dan teman pohon aliennya terus memenangkan hati kita.
Berdasarkan data comScore, "Guardian of the Galaxy Vol. 2" berhasil meraup keuntungan sekitar Rp 5 triliun. Jumlah tersebut tampaknya merupakan yang terbesar kedelapan, setelah disesuaikan dengan inflasi.

3. Spider-Man: Homecoming (318,8 juta dolar AS atau Rp 4,1 triliun)

Bagaimana Anda mencegah racun laba-laba dengan film keenam yang dibintangi sang pemanjat dinding terkenal? Menyimpan Tom Holland dalam kostum ketat merah dan biru dan melemparkannya dalam drama sekolah menengah atas, dengan cara multikultural berhasil memikat penonton untuk menyukai Spiderman remaja.
Film ini telah menghasilkan 737 juta dolar AS atau Rp 9,5 triliun di seluruh dunia, untuk menjadi film terlaris tertinggi ketujuh di Marvel Cinematic Universe, terjepit di antara Guardian of the Galaxy dan Captain America: The Winter Soldier.
Homecoming telah melewati The Amazing Spider-Man 2 (2014) dengan 709 juta dolar AS atau Rp 9,2 triliun di box office global. Film ini juga berada dalam jarak yang menakjubkan dari The Amazing Spider-Man (757,9 juta dolar AS atau Rp 9,8 triliun).

4. Despicable Me 3 (254,5 juta dolar AS atau Rp 3,3 triliun)

Apa yang lebih baik dari seorang Gru? Apalagi Grunya ada dua. Pada trikuel film Despicable Me, tokoh animasi penjahat ini direformasi Steve Carell mendapat saudara kembar, Dru. Ini membuat penonton baik orang dewasa dan anak-anak sama-sama mendapatkan sesuatu untuk dinikmati: orang jahat era 80-an yang serius dan kelincahan Minions yang menggemaskan.
Di awal tiga hari pemutarannya, "Despicable Me 3" mengemas 6,8 juta dokar AS atau Rp 88 miliar.

5. Dunkirk (172,4 juta dolar AS atau Rp 2,2 triliun)

Christopher Nolan secara efektif membawa penonton ke garis depan pertempuran tanpa mengurangi intensitas. Film thriller Perang Dunia II-nya adalah salah satu pencapaian pembuatan film terbaiknya, sekaligus terpendek. 
Film epik Christopher Nolan, Dunkirk telah berlayar melintasi angka 300 juta dolar AS atau Rp 3,9 triliun di bioskop seluruh dunia. Warner Bros merilis, mereka meraup 127 juta dolar AS atau Rp 1,6 triliun di dalam negeri, sementara di box office internasional keuntungan mencapai 173 juta dolar AS atau Rp 2,2 triliun.

6. Pirates of the Caribbean: Dead Men Tell No Tales (172 juta dolar AS atau Rp 200 triliun)

Bab kelima film ini disiapkan untuk menjadi Pirates of the Carribbean terbaik sejak film yang pertama. Dan Johnny Depp, sebagai Kapten Jack Sparrow yang malang dan suka mabuk, masih sedikit sombong dan mencuri perhatian penggemarnya. 
Dilaporkan, pendapatan "Pirates of the Caribbean: Dead Men Tell No Tales" melewati angka 500 juta dolar AS atau Rp 6,5 triliun untuk pemutaran di seluruh dunia. Adapun untuk pemutaran dalam negeri, film tersebut menghasilkan  114,6 juta dolar AS atau Rp 1,5 triliun.

7. Cars 3 (149 juta dolar AS atau Rp 1,9 triliun)

Melalui film ketiganya, Cars akhirnya berhasil sukses mendapatkan keuntungan terbesarnya. Kendaraan antropomorfik bermata besar yang disukai anak-anak, juga berhasil memberikan kejutan-kejutan makna eksplorasi yang dalam, hingga masalah pemberdayaan perempuan. Isu ini berhasil mengangkat Cars 3 menadi salah satu film yang berhasil memikat penonton di tahun 2017 ini. 
Pada awal pekan pemutarannya, film Disney tersebut meraup 53,5 juta dolar AS atau Rp 695 miliar. Adapun kemudian secara internasional, Cars 3 mendapatkan 149 juta dolar AS atau Rp 1,9 triliun.

8. War for the Planet of the Apes (142,8 juta dolar AS atau Rp 1,8 triliun)

Di tengah musim film-film blockbuster yang mengangkat tema superhero, Trilogi Planet of The Apes sukses menyuguhkan tontonan yang berbobot. War for Planet of the Apes disebut-sebut berhasil membuat sutradara Andy Serkis siap untuk menerima penghargaan Oscar.
Di akhir pemutarannya, Apes berhasil mendapatkan 142,8 juta dolar AS atau Rp 1,8 triliun.

9. Transformer: The Last Knight (130,2 juta dolar AS atau Rp 1,6 triliun)

Ya, benar fim kelima transformer ini adalah film terburuk dari waralaba film tersebut. Meski begitu, secara ranking pendapatannya, Transformers: The Last Knight dikatakan cukup berhasil. 
Fenomena robot yang mampu bertransformasi dan juga aksi-aksi perkelahian antara robot menjadi pemicu rasa penasaran para pencinta film aksi. 
Di Tiongkok, film ini berhasil meraup 41 juta dolar AS atau Rp  533 miliar pada hari pembukaannya saja. Secara internasional, film tersebut diproyeksikan untuk meraup 196,2 juta dolar AS atau Rp 2,2 triliun.

10. Girls Trip (108 juta dolar AS atau Rp 1,4 triliun)

Sementara kebanyakan komedi R-rated lainnya kurang diperhatikan, Ratu Latifah dan teman-temannya melepaskan kejutan terbesar musim panas ini. Girls Trip mencapai angka 100 juta dolar AS atau Rp 1,3 triliun di box office domestik setelah empat minggu. "Girls Trip" juga meraih 9,9 juta dolar AS atau Rp 120 miliar secara internasional karena memulai peluncuran luar negerinya. Australia dan Rumania akan merilis film ini pada 31 Agustus 2017. (Asri Novalinda)***

Comments

Popular Posts