Perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia di Melbourne Bertemakan Papua

Melbourne, PAPUANEWS.ID – Ratusan warga negara Indonesia (WNI) mengikuti perayaan Hari Kemerdekaan RI ke 72 di alun-alun pusat kota Melbourne, Federation Square, tanggal 17 Agustus 2017.
Tema Papua yang diambil pada perayaan ini sukses menarik minat masyarakat Australia untuk ikut menyaksikan acara peringatan tersebut.
Kegiatan diawali dengan pengibaran bendera Merah Putih pada salah satu tiang bendera yang berada di Fed square melengkapi 8 (delapan) bendera merah putih yang berkibar selama satu hari penuh untuk menandai peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia di Melbourne.
Paskibra KJRI Melbourne adalah para pelajar Indonesia yang sedang menuntut ilmu di kota Melbourne. Tidak semua dari mereka memiliki pengalaman sebagai anggota Paskibra, namun setelah melewati proses pelatihan intensif selama kurang lebih 4 (empat) bulan sejak bulan April 2017
Acara juga dimeriahkan dengan pagelaran tari oleh sanggar Widyaluvtari yang berasal dari geelong, (60 km dari Melbourne). Sanggar Widyaluvtari menampilkan kreasi tari dari daerah Papua yang menggabungkan tari “Buruan” dengan yamko rambe yamko.
Sebagai acara penutup, pihak KJRI sengaja mengundang Michael Jakarimilena, finalis Indonesian Idol tahun 2004 yang merupakan putra asli Papua untuk menghibur seluruh pengunjung Federation Square.
Penyanyi asal Papua tersebut membawakan tiga lagu yakni “Tanah Air” – “Raya Indonesia” dan medley “Yamko rambe yamko/Sajojo/Pocopoco/Maumere”.  Pada akhir penampilan Michael sukses mengajak seluruh pengunjung Federation Square bergoyang dengan alunan Kopi Dangdut.
Perayaan Hari Kemerdekaan RI yang ke 72 di Federation Square, Melbourne merupakan kegiatan tahunan KJRI yang selalu dinantikan oleh seluruh WNI dan masyarakat Australia yang cinta akan kebudayaan Indonesia.  Setiap tahun tema yang diusung selalu berbeda dan menampilkan ragam kebudayaan daerah khas di Indonesia. (red,Cs)

Comments